Doa Ketika Marah

Doa Ketika Marah - Assalamualaikum,wr,wb. Alhamdulillah alhamdulillah pada kesempatan kali ini Intisari Agama akan membahas mengenai doa ketika marah. Menurut Wikipedia Marah adalah suatu pola perilaku yang dirancang untuk memperingatkan pengganggu untuk menghentikan perilaku mengancam mereka. 

Rasulallah SAW bersabda yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tarmidzi “Sesungguhnya orang yang kuat bukan orang yang unggul dalam bergulat, melainkan orang yang mampu menguasai dirinya saat marah.” dari hadits tersebut dijelaskan bahwa kita di haruskan untuk mengontrol amarah. Karena ketika marah, seseorang akan melakukan apasaja diluar kendali akal sehatnya yang akan berdampak buruk terhadap diri dan orang disekitarnya bahkan terkadang lupa terhadap Allah SWT. Dalam kondisi inilah godaan iblis datang. Marah dalam Islam termasuk perbuatan kurang terpuji karena marah merupakan pekerjaan hawa nafsu. 

RasulallahSAW sendiri dalam suatu hadits pernah mengulang-ulang perintah “Jangan marah!” hingga tiga kali. Hal ini dikarenakan karena amarah selain dapat menghilangkan akal sehat, tapi juga menyebabkan efek kerusakan bagi diri sendiri dan sekitarnya. Ketika menghadapi suatu masalah, hendaknya seseorang tetap tenang dan berpikir jernih (kepala dingin) sehingga masalah yang kita hadapi dapat terselesaikan dengan baik. 


Rasulallah SAW mengajarkan kepada kita ketika marah yakni dengan perbanyak membaca ta’awudz:

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

A‘ûdzubillâhi minasy syaithânir rajîm
"Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk."
Selain itu juga Rasulallah SAW mengajarkan kepada kita supaya kita terhindar dari godaan Syaitan, yakni dengan memperbanyak membaca doa:
وَقُلْ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ
وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ
Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan. Dan akuberlindung pula kepada-Mu, ya Tuhan kami dari kedatangan mereka kepadaku."
Demikianlah pembahasan tentang Doa Ketika Marah, semoga dengan memperbanyak membaca doa ini, kita terhindar dari godaan syaitan dan sifat marah.


0 Response to "Doa Ketika Marah"

Post a Comment